Blogroll

Selasa, 22 April 2014

pertumbuhan fisik manusia

| |



 Pertumbuhan Manusia (Psikologi Pendidikan)
 Manusia pasti berkembang. Mulai dari dilahirkan, menjadi anak-anak, remaja, dewasa, hingga meninggal nanti. Pertumbuhan fisik manusia berubah seiring bertambahnya usia manusia tersebut. Jadi perubahan fisik pada manusia merupakan proses yang berlangsung selama hidup. Pekembangan fisik manusia mencangkup; perkembangan tubuh,otak, serta sensorik dan motoriknya. Perkembangan fisik otak seperti perkembangan pada pandangan atau intelektual manusia tersebut. Pada usia 2-10 tahun, perkembangan fisik otak anak sangat berkembang cepat, namun ketika umur anak sudah diatas 10 tahun mulai mengalami perlambatan dalam perkembangan fisik otaknya, hanya perkembangan dalam bidang intelektualnya saja yang tetap semakin meningkat.
Tahap perkembangan fisik manusia :
1.      Sensori Motor (usia 0-2 tahun)
Dalam tahap ini perkembangan panca indra sangat berpengaruh dalam diri anak. Keinginan terbesarnya adalah keinginan untuk menyentuh/memegang, karena didorong oleh keinginan untuk mengetahui reaksi dari perbuatannya. Dalam usia ini mereka belum mengerti akan motivasi dan senjata terbesarnya adalah 'menangis'. Pada tahap ini pertumbuhan anak dapat dilihat secara pesat. Dari bayi mulai baru dilahirkan hingga ia dapat duduk,merangkak, berbicara hingga berjalan.
2.      Usia anak-anak (3-12 tahun )
Dalam tahap ini anak sudah banyak mengalami perkembangan fisik. Mulai dari berat dan tinggi badannya yang bertambah secara pesat serta perkembangan pada pengetahuannya yang mulai ingin serba tahu karna mereka mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar. Pada masa anak di rentan usia ini atau yang disebut juga Golden Age anak mulai terbuka wawasannya, ia akan meniru apa yang dilakukan orang yang lebih tua darinya dan juga daya konsentrasi dan rasa tanggung jawabnya pun semakin besar. Mereka juga sudah dapat melompat setinggi 25 cm, mulai mengenal berbagai macam olahraga, permainan, dan tangannya pun sudah cekatan dalam memegang benda atau peralatan.
3.      Usia  Remaja (12- 17 tahun)
Pada usia ini baik wanita maupun pria mulai mengalami masa pubertas, dimana terjadi banyak perubahan pada bagian tubuhnya yang mulai mengalami masa transisi dari anak-anak menjadi manusia remaja. Perubahan yang terjadi pada anaka laki-laki seperti; bertambah besar buah zakar dan mulai tumbuh rambut pada kemaluan serta ketiak, kumis dan jenggot, tinggi badannya bertambah hingga mengalami puncaknya tinggi badan orang dewasa, tumbuh jakun dan suara membesar. Sedangkan perubahan yang terjadi pada wanita seperti; payudara mulai membesar, mulai tumbuh rambut kemaluan,tinggi badan semakin bertambah hingga mencapai tinggi badan orang dewasa dan mengalami menstruasi pertama.
4.      DEWASA AWAL (18-40 TAHUN) Perkembangan fisik Golongan dewasa awal telah mencapai puncak kekuatan, energi, dan ketekunan yang prima. Secara fisik, mereka mempunyai kekuatan tubuh yang prima sehingga mereka giat melakukan berbagai kegiatan seolah-olah tidak mengenal rasa lelah.
5.      DEWASA MADYA (41-60 TAHUN) Perkembangan fisik Status kesehatan menjadi persoalan utama masa dewasa madya, hal ini dikarenakan adanya sejumlah perubahan fisik. Perubahan kejantanan bagi pria dan juga bagi wanita mengalami berkurang/ hilangnya kesuburan. Seperti, pada wanita mengalami monopouse
6.      Perkembangan fisik Umur 60 tahun ke atas. Proses penuaan berarti menurunnya daya tahan fisik dan tubuh mulai rentan oleh berbagai macam penyakit. Lanjut usia disebabkan oleh meningkatnya usia, sehingga terjadi perubahan struktur dan fungsi sel, jaringan serta sistem organ.

0 komentar:

ir arriba

Posting Komentar

Mi Playlist

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Translate

Popular posts

Blogroll

Blogger templates

 
 

fajria zhiza's | Diseñado por: Compartidísimo
Con imágenes de: Scrappingmar©

 
top